Friday 19 May 2017

Ulasan 1 - Kernel

Video ulasan1 yang saya ulas dari Youtube dengan judul What is a kernel - Gary explains oleh Android Authority. Link untuk video https://www.youtube.com/watch?v=mycVSMyShk8&t=472s . Video tersebut memiliki durasi 9:49 dengan viewers 137.816.
Kernel adalah suatu program utama dalam setiap mutitasking sistem komputer. Kernel bertugas untuk mengatur CPU resources, memory process dan semua process tiap komputer. Secara hirarki, Kernel berada di layer paling rendah diatas CPU.
Kernel dirancang menjadi dua jenis yaitu Monolithic dan Microkernel. Linux menggunakan monolithic,pada monolithic, semua services terjadi di dalam satu program yang berada di satu memory space. Sedangkan microkernel, kernel dibagi menjadi bagian-bagian kecil dan untuk berinteraksi antar kernel tersebut menggunakan driver yang terpisah. Salah satu kelebihan dari microkernel ketika salah satu kernel bermasalah kernel yang lain tetap bisa berjalan seperti biasa.

Video tersebut memberikan penjelasan cukup jelas terkait dasar apa itu kernel dan juga memberikan perbedaan monolithic kernel dan microkernel. Pemateri sangat baik dan jelas dalam menyampaikan materi.

Github account : ibnvakbar
URL ulasan : http://rama-os171.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-kernel.html
URL Video : https://youtu.be/mycVSMyShk8
Video Author : Android Authority
Pemetaan : Week00
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Kedua: 20 Mei 2017

No comments:

Post a Comment